Minggu, 27 Oktober 2019

KELEMAHAN PLAFON GYPSUM DAN GRC


Pada artikel kali ini kami akan sampaikan beberapa keluhan terkait plafon.

Di postingan kemarin kami juga sudah sebutkan keuntungan yang anda dapatkan menggunakan plafon jenis PVC

Berikut problem yang muncul jika anda menggunakan plafon jenis lain:
 

PLAFON GRC


⏺️ Plafon dengan jenis grc memang relatif murah dibandingkan degan bahan yang lain. Namun disana muncul kendala yang sudah menjadi rahasia umum, yaitu rawan retak. Ini terjadi karena bahan grc sangat rentan terhadap perubahan suhu. Ketika musim kemarau/panas bahan grc mengalami penyusutan sehigga sambungan pada papan akan mengalami keretakan yang sangat terlihat. Demikian pula ketika musim hujan, serigkali bahan grc menjadi melengkung, ini juga menjadi sebab kenapa sambungan pada papan grc akan sangat mudah retak. Hal serupa juga akan muncul ketika terjadi guncangan.

Ada solusi sebenarnya untuk mengurangi resiko keretakan, kami ulangi hanya mengurangi resiko keretakan, bukan menghilangkan, yaitu dengan memperkuat rangka dan memperbanyak gantungan rangka. Tentu ini akan menambah budget pada pemasangan rangka.

Lalau bagaimana dengan plafon PVC?
Masalah retak sambungan tidak akan terjadi. Karena plafon PVC menggunakan sistem knock down dalam pemasangan dan juga bahan PVC yang kuat dan tahan pada segala suhu. Dan tentu bahan PVC yang lebih ringan semakin sedikit rangka yang digunakan ketimbang dengan rangka plafon GRC
 
 

PLAFON GYPSUM

Kali ini kami akan membahas bahan gypsum Plafon jenis ini memang menjadi salah satu pionirnya plafon. Semua kalangan memakai bahan jenis ini. Dikarenakan harga yang relatif terjangkau, bahan jenis ini lebih aman dari retak sambungan Selain lebih aman dari retak sambungan gypsum juga dangat mudah dikreasikan dengan berbagai model. Inilah yang menjadi keunggulan plafon gypsum. Tetapi ada masalah lain yang muncul dari plafon jenis gypsum. Permasalahan terbesar adalah air. Bahan gypsum sangat tidak aman dengan air. Satu tetes air hujan bisa langsung mempengaruhi si papan, muncul jamur dan bintik yang akan membuat rusak pemandangan plafon masalah lain pula yang muncul adalah retak pada Lis/profil atau berlobang karena dimakan tikus atau serangga Selain itu plafon gypsum juga membutuhkan pengecatan. Untuk warna putih masih relatif terjangkau untuk semua kalangan. Tetapi untuk warna lain membutuhkan kualitas cat yang bagus agar bisa menghasilkan warna yang merata dan halus. Berarti anda harus mengeluarkan budget lebih untuk pengecatan. Dan juga karena bahan gypsum relafit berat maka membutuhkan konstruksi rangka yang rapat. 
 
Beruntung jika anda mendapatkan pemborong plafon yang amanah, tetapi jika anda mendapatkan pemborong yang tidak amanah, hasilnya akan sangat berbahaya Selai masalah diatas, kendala lain adalah pemasangan plafon gypsum membutuhkan keahlian yang cukup untuk mendapatkan hasil yang rapih. Jika asal²an akan muncul benjolan² halus yang akan terlihat dimalam hari ketika lampu dinyalakan, dimana muncul bayangan dari benjolan halus karena komponan yang tidak rapih.
 
Lalau bagaimana dengan plafon PVC?
Saya membaca sebuah artikel yang sangat mencengangkan, pada halaman kedua bikin geleng-geleng kepala (hehehehe).
Anda tidak akan mendapatkan masalah² diatas jika menggunakan plafon PVC Kabar baiknya, pemasangan plafon PVC tidak perlu membutuhkan skil yang mumpuni atau belajar berbulan² untuk mendapatkan hasil yang rapih. Anda semua bisa mengaplikasikan sendiri. Ini karena plafon PVC menggunakann sistem bongkar pasang sehingga sangat mudah diaplikasikan Jika terjadi kerusakan tak perlu repot panggil tukang servis

Untuk konsultasi terkait plafon rumah dan dinding rumah yang berjamur silahkan hubungi kontak kami
Plafon PVC Yogyakarta
082314332964/081317324803

Tidak ada komentar: